Pages

Yang tidak aku suka tentang kantor

Monday, March 5, 2018

Kenapa setiap hari Senin gue selalu ngerasa ngga bersemangat setiap hari Senin. Mau weekend sebelumnya seneng-seneng, bete-bete, atau biasa aja. Senin selalu berarti hari-tanpa-harapan-hidup buat gue. Kecuali kalo Senin itu libur yaaa. Jadi sebenernya yang bikin ngga semangat bukan hari Senin, tapi ngantor lagi di hari Senin. *sigh*

Buat mendramatisir suasana, gue mau buat list tentang beberapa hal yang ngga gue suka di kantor, yang mungkin udah atau belom orang-orang tau...

1. Stay out from my personal space!
Walaupun keliatannya dari luar gue adalah orang yang ramah ke setiap orang, tapi gue paling ngga suka kalo orang lain terlalu ikut campur urusan pribadi gue. Mau itu hal kecil macem ngomenin hal-hal yang bersifat pribadi, sampe merasa perlu berpendapat (dan ingin didengar) tentang hidup gue. 

Contoh yang pernah gue alami: waktu awal-awal ngantor, gue pernah masuk kantor dengan pake terusan dan blazer. Both of them formal ya, tipe-tipe yang lumrah dipake cewe kalo ngantor. Sopan juga karena terusannya di bawah lutut. Tapi baru masuk lift, gue dikomen sama sekumpulan buibu: mau ke mana mbaaaa, cakep beneeer.

Hasil gambar untuk gif please

Sejujurnya, gue merasa biasa aja dong. Orang selama ini kalo gue praktek klinik atau di RS sering pake gituan dan biasa aja (ganti blazer dengan jas dokter pastinye). Tapi kok di sini kesannya gue artis masuk desa kantor. Ternyata menurut orang-orang di kantor gue, dandanan macem gitu wajar dipake kalo kantor lo di Thamrin atau Sudirman. Salemba, walaupun secara peta masuk Jakarta Pusat, karyawannya 'belum berhak' buat pake baju cemgitu.

Btw sekarang udah banyak anak millenials baru (bukan divisi gue) yang udah lebih gaya bajunya. Tapi aku udah terlalu males buat pake baju rapi lagi ke kantor. Biarlah kekecean gue dalem berpakaian dinikmati mahluk-mahluk di luar kantor aja.

Contoh lain yang gue masih alami (SAMPE SEKARANG) adalah komen dan suruhan halus tentang gue yang seharusnya berjilbab. Oke, tarik garis tebel di sini. Sebagai orang Islam gue tau berjilbab itu wajib buat perempuan. Tapi buat gue, itu merupakan urusan gue sama Tuhan gue dan FYI, people, semakin sering anda berkicau macem gitu, makin males saya sama anda. Sekian.

2. Do not tell me to do your personal errands!
Gue paling ngga suka kalo seseorang (biasanya yang pangkatnya lebih tinggi) nyuruh seseorang (yang biasanya lebih cungpret alias kacung kampret) untuk hal-hal yang sifatnya pribadi. Misalnya nih, temen gue ada yang pernah disuruh bos buat bikinin tugas sekolah anaknya. Like, wtf, yang bos itu eluuu bukan anak luuu. Kok ya dari kecil anaknya udah diajarin kalo wewenang bisa disalahgunain ye. Ngga kebayang kalo gede anaknya jadi cemmana.

3. Do your own job!
Paling ngga suka gue sama orang yang nyuruh orang lain buat ngerjain hal yang seharusnya tanggung jawabnya. Meskipun dia itu atasan. Paling sering nih gue temuin si atasan nyuruh bawahannya buatin presentasi di power point. Meskipun (kadang) idenya dari si atasan, tapi menurut gue percuma lo punya ide tapi ngga mampu buat nuanginnya. Nanggung broh. Ada yang alesan ngga sempet karena kerjaannya banyak. Errr, bapak gue, salah satu mahluk tersibuk yang gue tau, yang Sabtu-Minggu masih kerja, dia bisa lho buat presentasi sendiri. Pulang kerja dia biasanya tidur dulu dan bangun jam 2 pagi untuk solat malem dan ngerjain hal-hal yang perlu dia kerjain, salah satunya adalah buat presentasi. Kesimpulannya, apa aja bisa lo kerjain kalo lo niat dan bersedia meluangkan waktu.

Kayanya dari ketiga hal di atas, semuanya nyangkut sama privacy ya. Pada dasarnya yang gue ngga suka kalo udah nyangkut-nyangkutin hal-hal yang bersifat kekantoran ke hal-hal yang bersifat pribadi.

Sebenernya orang-orang di kantor gue itu baik-baik. Secara kantor gue ngga yang gede-gede banget (pegawai cuma 250 orang), jadi rasanya bener-bener saling kenal satu sama lain. Mungkin saking merasa dekatnya jadi ya begitu merasa 'terlalu akrab'. Sering lupa kalau kita itu pada dasarnya 'rekan kerja', jadi seharusnya tetep ada batas-batas biar lingkungan kerja tetap nyaman dan sehat.

Kantor kamu gitu juga ngga?


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS