Pages

Privasi di Medsos

Monday, February 5, 2018

Jaman sekarang, apa sih yang ngga bisa ke-expose sama medsos?

Plus bukan cuma medsos artis/seleb aja yang rawan jadi viral. Medsos siapapun, selama ada konten yang layak dighibahkan, ya potensial jadi viral. Melihat hal begitu, jadi parno ngga sih setiap mau update di medsos? Jadi mikir 2x ngga sih kalo mau approve follow request di medsos?

Gue pun demikian. Jadi selektiiiiif banget buat approve follow request di medsos. Masalahnya kadang ada orang-orang yang kalo kita ngga approve requestnya di medsos jadi ngga enak. Misalnya kita kenal sama dia ke kantor, setiap hari ketemu, atau ngga segitunya deket jadi sebenernya kita kurang sreg buat approve requestnya dia. Tapi kalo ngga diapprove ngga enaaak. Apalagi kalo dia pernah bilang, "kok follow requestku belom di approve sih?". Nyeh.

Untungnya sekarang medsos udah menganut sistem privacy yang lebih ciamik: inner circle. Jadi kita bisa lebih selektif ke siapa aja cerita kita dibagi. Tentunya orang-orang yang kita approve karena ngga enak tadi biasanya ngga kita masukin ke inner circle yah.

Biasanya, ini pertimbangan gue buat masukin orang ke inner circle:

1. kira-kira kalo gue post sesuatu dia bakal rese ngga?
2. kira-kira kalo gue post sesuatu yang rada kontroversial bakal dibully ngga?
3. kira-kira kalo gue post curcol bakal digosipin atau dinyinyirin ngga?
4. kira-kira kalo gue post sesuatu bakal di-capture udah gitu diviralin ngga?

Lupain nomer 4. Sapa gue. Aing bukan selebgram. 👻

Kalo jawaban dari pertanyaan di atas ada yang IYA, satuuu aja, otomatis dia ngga akan gue masukin inner circle. Maap beybeh. Kamu dieliminasi.

Biasanya, orang-orang yang default-nya ngga masuk ke inner circle gue adalah orang-orang ini:

1. orang kantor
2. klien
3. kakak, ipar, dan sepupu deket suami

Orang kantor emang, maap-maap, sedeket apapun aku tak masukkan ke inner circle. Soalnya kadang malaysia yah cyin kalo ada apa-apa jadi omongannya cepet. Misalnya liburan ke mana, pasti langsung diomongin dan ngga enak kalo ngga bawain oleh-oleh. Baju rada seksi pasti diomongin. Nyeh (2). Temen yang dekeeet banget di kantor juga monmaap aku ngga belom masukin ke inner circle. Soalnya aku ingin punya kehidupan di luar kantor. Akan kan introvert. Aku kan mahluk bebas 😝

Klien, because ofkors, kita approve requestnya karena ngga enak aja sama doi. Iyasih ada beberapa klien yang gue deket as a friend. Tapi tetep aja belum sedeket itu sampe gue masukin inner circle. Ngga enaknya kalo misalnya kita cuti, terus ngga jawab email dia, abis gue masuk lagi pasti ditanyain ke mana ajaaa, kok enak liburan muluuu, blablabla. Nyeh (3). Kebebasanku terenggut. A big NO.

Kalo nomer 3, apapun gue prefer untuk tidak berhubungan langsung. Singkat kata: hubungi eikeh lewat suami aja. Inaf seid.

Kenapa gue se-rese ini sama sosmed gue?

Soalnya dunia nyata sudah panggung sandiwara, huahahaha. Jadi kalo di sosmed maunya ya bebas dong mau ngomong apa. Terus juga ngga semua orang sebenernya ngerti dan suka sama pikiran kita. Aku kan cupu, takut dinyinyirin haha. Ngga sih, cuman males diomongin aja. Kaya misalnya blog ini, sampe saat ini gue belum pernah sekalipun ngasih link blog gue ke siapapun. Even suami gue tau gue punya blog tapi ngga tau link-nya hahaha. Yekan aku suka curcol yang bahaya-bahaya dan memicu pertengkaran. Ya ngga? 😎✌

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS