Pages

Problema Kehamilan: My SPD comes too early!

Tuesday, February 27, 2018

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjadikan blog ini lebih berfaedah buat semuanya (bukan cuma buat gue). Ahsek.

Entah kenapa ya, stamina gue di kehamilan sekarang itu nol banget. Berdiri, pegel. Duduk, keram. Baring, kalo ngga ganti-ganti (miring kanan-kiri) juga pegel dan keram. Am I getting old? Padahal selisih hamil pertama kedua cuma 3 taun lhoooo.

Pegel dan keram paling berat gue rasain di area pubic alias selangkangan. Dulu di kehamilan pertama juga ada sih, tapi baru kerasa pas UK sekitar 7 bulan. Meanwhile, hamil sekarang gue udah kerasa dari hamil belom 5 bulan. Nyeh.

Kondisi gue ini namanya Symphisis Pubic Dysfunction alias SPD. Namanya mayan keren lah dibanding nyeri selangkangan haha. Berhubung gue udah pernah ngerasain sebelumnya, jadi ngga terlalu bingunglah begitu ngerasain sekarang. Paling bingungnya kok bisa gue alamin secepet ini ya?

Buat ilustrasinya, coba liat gambar di bawah:

Hasil gambar untuk symphysis pubis dysfunction
sumber: https://www.coreconcepts.com.sg/article/pubis-symphysis/

Kalau dari gambar jelas ya, penyebab nyerinya adalah adanya gap antara kedua illium plates yang memang 'wajar' terjadi pada kehamilan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh hormon selama kehamilan, tekanan akibat pembesaran rahim dan berat bayi, peregangan dari round ligament, atau kontraksi. See, semuanya 'harusnya' muncul saat kehamilan sudah lumayan lanjut yaa.

Nyeri dari si SPD ini ngga main-main. Awalnya mungkin 'cuma' terasa sakit waktu naik-turun tangga atau waktu bawa beban yang berat. Tapi lama-lama nyeri bisa dirasakan di hampir semua aktivitas. Mau lagi duduk, berdiri, jalan, atau bahkan berbaring bisa terasa nyeri lho.

Gimana ngobatinnya? Pain killer ngga disarankan yes. Selain karena itu cuma mengobati gejala secara short-term, ngga semua pain killer cucok buat bumils. Jadi yang disarankan adalah terapi-terapi ringan macem kompres air anget/dingin (which more comfortable for you) atau olahraga ringan macem senam hamil, yoga hamil, atau berenang hamil. Ohya, selain itu juga jangan banyak-banyak naik-turun tangga, bawa beban berat misalnya suami, pake high heels, atau kebanyakan naek motor. Ini nih yang susyeh buat aye. Kan aye masih jadi brand ambassadornya gojek for bumils alias saban hari masiiiih pake gojek buat ngantor.

So, sekarang yang gue coba lakuin adalah....
...
...
...
ngga ada! Huahahaha.

Aku masih terlalu nyaman untuk ngga ngojek dan masih belom sempet berenang. Karena kalo berenang aku manja, maunya ke Mercure Bandung soale kolamnya air anget. Yihaaa. Paling nanti malem deh mau coba kompres-kompres. 

Doakan akuh!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS