Pages

Perbedaan

Wednesday, February 7, 2018

Karena gue reaktif, gue jadi mau ikutan komen tentang twitteran mas-mas di TJ yang 'didiskriminasi' seorang ibu-ibu lantaran dikira Kristen. Yes, benerrrr, DIKIRA KRISTEN. Waktu pertama kali baca ceritanya di IG gosip, hal pertama yang pengen gue tanyain adalah: gimana cara orang berasumsi tentang agama seseorang?

Jadi ceritanya mas-mas itu duduk di TJ, kemudian masuklah ibu-ibu. Mungkin ngira kalo si ibu ngga ngeh ada tempat duduk kosong (which is di sebelah si mas), mas itupun nyolek si ibu buat duduk aja di kursi itu. Jawaban si ibu cukup mengagetkan: SAYA MUSLIM. Nyeh. Si mas kemudian bilang: saya juga muslim bu. Terus si ibu ketawa sambil jawab: oh saya kira Kristen.

OHEMJI.

Ini masnya baik lho, mau nawarin tempat duduk aja pake diburuksangkain segala. Kalo gue (yang jarang dapet duduk di kereta walau lagi hamil) ditawarin duduk sih udah alhamdulillah banget. Despite apapun agama si yang nawarin.



Ngga lama banyak yang nyautin si mas. Kebanyakan (yang dicapture) si IG gosip adalah pengalaman orang-orang yang pernah didiskriminasiin. Ada yang pernah dicancel abang uber gara-gara disangka Chinese dan Kristen. Ada yang pernah dipanggil 'Cik' gegara ngga jilbaban. Ada juga yang budenya (kebetulan Katolik) ngangkatin jemuran tetangga, terus sama tetangga itu DICUCI LAGI BAJUNYA. Yaoloh, itu 'cuma' orang yang beda agama lho. Bukan anjing atau babi yang angkat baju lo.

Sadly, kita semua mungkin pernah diskriminasiin seseorang. Entah dari agamanya, sukunya, rasnya, ekonominya, kebiasaannya, atau apa kek. Misalnya....


Ah dia pasti pelit, kan CINA...


Ah istrinya kan pasti suka morotin suaminya, kan SUNDA...



Ah dia kalo diajak makan pasti seleranya kampung, dasar JAWA...


Siapa hayooo, yang ngga pernah gitu hahaha.

Bukan berarti orang cina ngga ada yang pelit, orang sunda ngga ada yang suka morotin suaminya, atau orang jawa ngga ada yang seleranya kampung. Ya ada. Tapi emangnya yang bukan suku-suku itu ngga begindang? Gue bukan sunda, tapi kalo bisa morotin suami ya kenapa ngga. Huahahaha.

Ada sih orang-orang yang ngga maksud serius alias becanda doang konteksnya. Kaya temen-temen gue di kantor ada yang suka becandain temen lain (yang kebetulan non-Islam) buat baca syahadat. Mungkin maksudnya ya becanda lah. Temen yang diomongin juga super nyante dan ketawa-ketawa aja. Tapi kita kan ngga tau dalem hatinya gimana. Mungkin rada senep. Mungkin lho yaaa..

Mungkin kita lupa, hay orang-orang mayoritas, gimana rasanya jadi minoritas. Mungkin kita lupa kalau setiap orang pengen diperlakuin dengan baik. Mungkin kita lupa kalau kita sebaiknya memperlakukan orang lain seperti kita pengen diperlakuin.

Coba liat berita tentang temen-temen muslim di luar negeri. Di mana mereka jadi minoritas tapi tetep diperlakuin dengan baik. Misalnya diingetin udah solat apa belum, dikasihtau kalo makanan yang mau dia makan itu ngga halal, atau diselametin pas lagi hari raya. Adem kan?

Disclaimer: di sini gue ngga mendiskreditkan Islam karena gue juga muslim dan tentunya sangat menghargai agama gue.

Jadi yuk kita coba, mulai dari diri sendiri untuk menerima perbedaan. Yes, kalau kamu belum bisa menghargai atau menghormati perbedaan orang lain, paling ngga terima dulu kalo ngga semua orang bisa sama. Ini Indonesia cuy, agama yang diakuin bukan cuma Islam. Ini Indonesia, bukan cuma Pulau Jawa doang isinya. Jadi coba terima kalau orang-orang mayoritas itu juga boleh ada. Selama mereka ngga ngeganggu kita, ya rapopo toh?

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS