Pages

Fluna's Birth Story - Part Three - Fin

Thursday, July 26, 2018

Halo-halo semuanyaa...

Kalau di bagian pertama gue cerita tentang hari sebelum operasi dan di bagian kedua gue cerita tentang hari H operasinya, di bagian ini gue bakal cerita tentang hari-hari setelah operasi alias hari-hari pemulihan selama di RS. 


Baca: Fluna's Birth Story - Part Two

Ceritanya kepanjangan? Tenang, ini bagian terakhir dari kisah persalinan gue kok, hehehe. 😝



Minggu, 15 Juli 2018 (H+1)

Yang membuat gue semangat menyambut hari ini adalah gue udah bisa lepas infus dan kateter hari ini. Itu kalo hasil lab gue bagus sih. Jadi, pagi-pagi gue udah diambil darah untuk cek lab. Sepertinya tes darah rutin yang macem Hb dll gitu sih. The result turns out to be okay. Jadi hari itu gue udah bisa untuk copot infus dan kateter. Yeay!

Copot infus sama kateter sakit ngga?
Gue udah mempersiapkan untuk ngerasa sedikit sakit sih. Tapi tenyata suster-suster di RSPI emang jago. Ngga sakit sama sekali, lho, nyopot infus sama kateternya! Ciamik!

Btw, buat yang belum tau, H+1 setelah lahiran SC selalu jadi hari pemulihan 'terberat'. Kalau di hari H, kan masih ada efek-efek dari bius ya, jadi rasa sakit belum begitu terasa. Kita juga bener-bener full ada di kasur. Pipis pun pake kateter. Mandi pun cuma dielap sama suster di kasur. Makan tentunya digeretin mejanya sama suami, bak Ratu Cleopatra. Jadi ya emang ngga ada mobilitas.

Begitu H+1, kateter udah dilepas yang artinya kalo gue mau pipis ya harus ke kamar mandi. Beratnya menurut gue, ya kita harus mulai latian bergerak. Jangan anggep remeh. Pertama kali turun dari tempat tidur...ya ampuuuuuunnn, berasa pertama kali gerak abis lumpuh (amit-amit!!!). Gue jalan ke kamar mandi, untuk belajar pipis pertama kali, terseok-seok aja dong. Berdiri aja belom bisa tegak. Gue jadinya terbungkuk-bungkuk bak lansia berumur ratusan taun.

Pertama kali pipis juga rasanya aneh. Kaya apa yaa.. yang namanya pipis itu kan ada kontraksi organ-organ saluran kemih. Jadi pas keluar pipisnya itu kaya ngilu, mungkin pas kandung kemihnya kontraksi dia 'nyenggol' si rahim. Jadi rada gitu deh, cekit-cekit ajib, hehehe.

Btw, gue belum bisa poo di hari ini. Kentut-kentut sih udah. Mungkin besok...

Dr. Yovita visit di Minggu pagi. Sekedar melaporkan kondisi Fluna sih, soalnya Fluna udah diperiksa di ruang bayi. Kondisi ASI juga ditanya, dan dibilang ngga usah khawatir kalau belum lancar. Disusuin aja terus. Oke dok. Siyaaappp!

Berkat udah bisa mulai 'berkeliaran' hari ini, gue baru ngeh kalo dapet hadiah dari RSPI. Hadiah melahirkan, katanya. Yang mana, ngga tanggung-tanggung dong. Yang pertama adalah seperangkat paket perawatan ibu dari L'Occitane. Yang kedua adalah seperangkat paket perawatan bayi dari RSPI. Merknya macem-macem dan jumlahnya banyaaak banget. Makasih ya, RSPI! 😍









Senin, 16 Juli 2018 (H+2)

Apa kabar nenek bongkok?
Alhamdulillah, berkat giat berlatih, kadar kebongkokan gue udah berkurang. Pipis juga udah mulai terbiasa. Poo belum juga datang di hari ini. Mungkin besok?

Ohya, hari ini dr. Aswin visit. Beliau minta maaf karena kemarin ngga bisa visit. Kedatangannya seperti biasa menentramkan hati, hihihi. Apalagi dibilang kalau semuanya oke, besok gue udah bisa pulang! Horeeeeee...

Dr. Yovita juga visit hari ini. Seperti biasa, visitnya pagi-pagi. Katanya hasil bilirubinnya Fluna bagus. Kaget juga gue. Secara Fluna golongan darahnya B, sama kaya bapaknya, sementara gue O. Konon katanya, kalau golongan darah bayi berbeda sama ibu, si bayi lebih berpotensi untuk tinggi kadar bilirubinnya. Mungkin karena ASI gue udah mulai lancar dan gue giat menyusui yaa?

Hari ini juga Fluna ada sesi foto sama Baby Axioo. Gue udah pernah cerita kan, kalau ambil kamar VIP ke atas, si baby bakal dapet sesi foto gratis sama Baby Axioo?


Sesi foto ini dilakukan di ruangan sebelah kamar bayi. Gue ngga tau, biasanya itu jadi ruangan apa. Staff dari Baby Axioo cuma seorang mas-mas. Tapi masnya profesional banget, keliatan banget udah pengalaman handle newborn. Dia pakai jam yang bisa muterin suara 'wussshhh-wussshhhh-wussshhh' macem suara yang biasa janin dengerin di dalam rahim ibu. Jadi, newborn bisa lebih tenang dan nyaman karena merasa berada di lingkungan yang familiar.

Sesi foto ngga berlangsung lama. Fluna juga cuma difoto dalam 3 pose. Setiap masnya selesai ambil gambar di satu pose, masnya mempersilahkan kita untuk foto-foto juga. Soalnya kan gratisannya cuma dapet satu foto. Kalau mau nambah foto lainnya, ada extra charge 500 ribu. Tau aja deh mas, ortu yang opportunist dan rada medit kaya kita, hihihi.



Foto-foto yang diambil via hape sendiri


Selasa, 17 Juli 2018 (H+3)

Harinya pulaaaaanggg!

Pagi-pagi dr. Yovita visit dan bilang kalau kondisi Fluna oke. Kalau gue dibolehin dr. Aswin untuk pulang hari ini, Fluna boleh ikut pulang sama gue. Fluna dijadwalkan kontrol pertama hari Senin, 23 Juli 2018. Sebelum waktu kontrol, Fluna bakal diperiksa kadar bilirubinnya. Katanya sih, pemeriksaan bilirubin bisa kita terima hasilnya dalam waktu 15 menit.

Hari ini dr. Aswin ngga bisa visit karena udah mau siap-siap untuk acara konferensi di Malang. Tapi beliau meng-ACC gue untuk pulang hari ini, jadinya gue ngga perlu nunggu beliau datang untuk visit. Gue dijadwalkan untuk kontrol ke dr. Aswin hari Senin, 30 Juli 2018. Seharusnya sih, kontrolnya lebih cepet. Tapi, as always, slot poliklinik dr. Aswin selalu penuh. Emang dokternya super ciamik, sih, jadinya ya emang selalu penuh jadwalnya, hehehe.

Mas Echo, mama, dan Mbak Rina udah pulang langsung dari hotel. Tadinya sih, kita mau jemput ke hotel untuk pulang bareng. Apa daya, ternyata barang-barang bawaan kita buanyaaaak banget sampe memenuhi seluruh mobil. Jadi mereka bertiga pulang duluan dari hotel.

Yang perlu diberesin sebelum pulang, ofkors, adalah urusan administrasi. Yang mana, karena kita pakai surat jaminan dari kantor gue, kita ngga perlu repot urus-urus. Semua udah beres dan cashless, yeay! Setelah urusan administrasi beres, kita menunggu para suster ibu untuk kasih obat-obatan yang harus gue konsumsi di rumah. Setelah itu, gantian suster bayi yang kasih wejangan perawatan untuk Fluna. Ngga lupa ngasih 'perbekalan' berupa tissue alkohol dan sisa pospak yang belum terpakai.

Begitu semuanya selesai, saatnya pulaaaang! Sudah kangen sangat aku dengan anak sulungku yang mulai menampakan rasa jealous ke adeknya ini, hihihi.


Mau di box juga, biar kaya adek... Baeklah.




Hidup sebenarnya sebagai ibu beranak dua pun dimulai. Syemangaaatttt!!! 😎


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS