Pages

Hidup Damai dengan ART

Wednesday, July 4, 2018

Kemarin, beberapa akun instagram gosip lagi ngebahas status dari salah satu selebgram tentang ART-nya. Fyi, tanpa bermaksud menyinggung, gue pribadi baru pertama kali denger nama selebgram ini. Padahal gue kan lumayan update kalo masalah pergibahan #bangga. Mau stalking akun mbaknya juga kok di-private ya? Jadilah gue ngga bisa sok menganalisa status dan profile mbaknya yang bikin heboh ini. Tapi, boleh kali yaa gue ngungkapin pendapat gue tentang kasus ART yang dialami oleh mbak selebgram.

Buat yang belom tau ceritanya, ini gue capture dari post @waranddrama.sosmed di Instagram:















Kebaca ngga? Kalo ngga, silahkan cusss ke akun Instagram gosyip kesayangan anda masing-masing... 😝

Inti ceritanya sih, malem-malem si mbak selebgram ini mergokin ART-nya lagi duduk di kursi makan di rumahnya, sambil cekikikan karena lagi baca sesuatu di hape. Mbak selebgram negur ART-nya, "Mbaa?! Ngapain?", dan ART-nya bilang lagi baca yang lucu di hapenya. Sambil tetep duduk di kursi makan. Mbak selebgram langsung manggil suaminya keluar kamar dan abis itu ART-nya langsung pergi dari area meja makan. Mbak selebgram nganggep ART yang pergi pas ada suaminya tapi tetep duduk di kursi makan pas ada mbak selebgram doang, berarti ART itu ngga takut sama mbak selebgram. Malem itu juga (jam 21.45), mbak selebgram langsung telpon yayasan penyalur ART-nya dan minta ART itu untuk balik dan dia dapet gantinya.

Besoknya, dia panggil ART-nya dan bilang kalo selama 6 hari itu (ART-nya baru kerja di rumah itu selama 6 hari), dia ngga cocok sama kerja ART-nya. Dia minta si ART untuk copot baju susternya, beberes barang-barangnya, dan buka tasnya karena akan si mbak selebgram cek sebelum ART-nya pulang. Pagi itu juga, mbak selebgram anter ART itu balik ke yayasan dan mau ambil ART yang baru.

Fyi, mbak selebgram ini memberhentikan ART-nya karena menurut dia perbuatan si ART yang duduk di kursi makan sambil main hape itu tidak sopan. Menurut dia, si ART yang lulusan SMP ini harusnya paham tentang basic manner. Juga, si mbak selebgram ini ngga bisa menoleransi sesuatu yang menurutnya melanggar basic manner.

Gue ngga mau nge-judge tentang toleransi mbak selebgram terhadap so-called-basic-manner, karena menurut gue, setiap orang bisa punya standard basic manner yang berbeda. Misalnya, seandainya gue ada di posisi mbak selebgram, gue tidak akan keberatan mbak gue untuk duduk di kursi makan sambil baca hape. Sementara, menurut mbak selebgram itu adalah basic manner yang seorang ART harus punya.

Hasil gambar untuk where is your manner gif



Terus di post berikutnya juga ada cerita suster anaknya yang berdiri selama 8 jam di bis demi bisa pulang di hari yang udah dijanjiin. Karena, suami si mbak selebgram bilang kalo ngga bisa balik kerja di tanggal itu, mending ngga usah balik sekalian.

Again, gue berusaha untuk ngga nge-judge walaupun susah gile, njing. Karena menurut gue, di kondisi itu kasusnya bukan sekedar kejujuran dan no drama aja. Tapi ada faktor toleransi dan rasa menghargai kita ke ART yang kerja sama kita. Jadi, dibanding mengupas lebih lanjut tentang sikap mbak selebgram ke ART-nya, gue mau coba sharing aja tentang dunia per-ART-an yang pernah gue alami atau yang ada di sekitar gue.

Kalo belom pernah galau gara-gara ART, kayanya seorang wanita belum jadi ibu-ibu seutuhnya. Gue pun pernah beberapa kali dibuat galau sama ART. Kadang-kadang juga dibuat gemezzz sama kelakuan mereka. Tapi yasud, begitu aja. Gue anggep aja gejolak-gejolak itu ((GEJOLAK)) masih dalam tahap wajar dan bisa dimaklumin. Namanya juga kehidupan, ngga ada konflik ngga seru, kan?

(Baca: Drama Pelik Cus dan ART)

Ohya, disclaimer sebelumnya, ART yang gue maksud di sini bisa cus/suster/nanny dan mbak/maid, yaa. Biar ngga repot nyebutnya, hihihi.

Dari kecil, gue terbiasa ada ART di rumah gue. Walaupun mama gue ngga kerja, tapi selalu ada minimal satu ART di rumah. Waktu gue dan adek gue kecil, kita ada dua ART yang masing-masing ditugasin buat 'megang' gue dan adek gue. Kedua ART itu nginep di rumah, diambil dari kampung halaman mama, dan awet selama bertahun-tahun. Begitu kita udah lebih gede, mbak-mbak itu baru pada pulang kampung. Itupun karena mau nikah. Karena anak-anaknya udah lumayan gede dan bisa dikaryakan, mama gue akhirnya cuma memperkerjakan satu ART pulang-pergi dari daerah deket rumah. Cuma buat bantuin setrika, nyapu, sama ngepel aja.

Btw, intermezzo nih. Ngga tau pastinya kenapa, tapi perasaan gue, ART jaman dulu itu masa kerjanya lebih awet dari ART jaman sekarang. Iya ngga, sih? Jaman gue kecil dulu, mbak-mbak itu bisa ikut di rumah gue lebih dari lima tahun. Sementara jaman now, ART bertahan satu tahun aja gue udah mau sujud syukur.

Apakah ada hubungannya dengan demand ART yang semakin tinggi, sehingga mereka lebih tergiur untuk pindah-pindah kerja demi mendapatkan tawaran yang lebih baik?

Atau, ada hubungannya dengan perlakuan kita ke ART yang kurang menghargai mereka sehingga mereka jadi gampang 'meninggalkan' kita?

((MENINGGALKAN)) 😂😂😂

Mama gue ngasih tips, kalo kita memperkerjakan orang, supaya mereka betah, kita harus 'memanusiakan' mereka. Kita harus inget, mereka itu kita gaji, bukan kita beli. Apalagi buat gue yang emak kantoran, keberadaan ART itu mau-ngga-mau dan suka-ngga-suka jadi terasa penting buat hidup gue. Lha, kalo ngga sama ART, anak gue siapa yang megang? Kain pel? Karena ada mereka, gue tenang dan terbantu. Karena ada mereka, gue bisa kerja dan dapet uang tanpa harus khawatir anak gue terlantar di rumah. Thus, hal terkecil yang bisa gue lakuin buat mereka adalah menghargai mereka.

Menghargai itu caranya banyak. Mulai dari ngasih bonus, naikin gaji setelah periode tertentu, sampai  bersikap sopan ke mereka. Buat gue, gue selalu berusaha menghargai mereka setidaknya dengan cara selalu mengucapkan kata-kata tolong, maaf, dan terima kasih ke mereka. Dari dulu gue dididik untuk bersikap begitu ke ART. Dengan itu aja, mereka udah merasa dihargain kok. Ya kita juga mau kan, kalo orang lain baik sama kita? Masa kita ngga mau baik sama orang lain hanya karena kita yang gaji mereka?

Hasil gambar untuk be kind gif



Kalo ngeliat perbuatan ART mbak selebgram, gue sendiri ngga merasa keberatan kalo ART gue duduk di kursi makan. Gue malah ngga nyaman ngeliat ART gue duduk di lantai dapur buat makan. Btw, emang sih, gue ngga punya meja dan kursi makan, huahahaha. Tapi gue punya meja bar dan kursinya, sofa, dan karpet. Yang mana gue sama sekali ngga keberatan mereka untuk duduk di situ. Tapi balik lagi, lain rumah lain peraturan, kan? Masalahnya, peraturan itu udah disampein belum ke mereka?

Gue sendiri juga punya beberapa peraturan yang gue kasih ke ART. Seperti mereka cuma boleh pegang hape untuk keperluan pribadi waktu lagi ngga megang Echo. Atau kalau mau nonton yang bukan tontonan untuk anak-anak ya nonton di kamarnya sendiri saat ngga megang Echo. Tentunya, peraturan-peraturan itu gue komunikasiin dulu ke mereka. Karena kalo ngga kita kasih tau, yah mana mereka enyoy, kakaaaak. Ngga bisalah kita samain standard antara peraturan kita dengan mereka. Wong standard basic manner antara gue dan mbak selebgram aja beda. Yang masalah buat dia belum tentu masalah buat gue. Padahal kita sama-sama orang yang memperkerjakan ART. Apalagi, dia sama ART-nya?

Gue juga pernah ngalamin ngerasa ngga sreg sama kerjaan ART. Misalnya nih, gue itu pengennya Echo jangan kebanyakan makan yang instant macem nugget sama sosis. Tapi karena bocahnya doyan sama itu, jadi cus dan mbak seringnya ngasih itu. Ya gue kasih tau aja baik-baik, bolehnya makan nugget sama sosis itu seminggu berapa kali. Terus gue kasih tau juga alesannya kenapa. Selesei, kan?

Hasil gambar untuk as simple as that gif



Kalo di kasus mbak selebgram, kayanya sih suaminya masih mau mencoba ngasih kesempatan kedua setelah negur ART-nya. Tapi menurut mbak selebgram, dia ngga punya toleransi buat orang yang ngga bisa kerja atau ngga ada basic manner. Err... okeh. Pindah topik.

Tentang pulang kampungnya ART, pernah baca ngga post gue yang cus minta untuk mudik dari tanggal 9 - 24 Juli di lebaran kemaren? Ya walaupun akhirnya ngga begitu, tapi tetep, gue membuka peluang untuk dia mudik di tanggal itu. Tentunya, dengan beberapa syarat dan ketentuan ya.

Kalau belum baca, dibaca dong #fakirtrafficdetected .

(Baca: Bertahan Hidup di Libur Lebaran 2018)

Gue sendiri punya pengalaman ART akhirnya balik ngga sesuai dengan yang dijanjiin. Entah karena alesan tiketnya abis, harganya mahal di hari itu, anaknya atau keluarganya ada yang sakit, dll. Bahkan pernah ada yang ngga jadi balik, huhuhu. Jadinya, selama pada akhirnya mereka balik, gue sih masih bersyukur.

Hasil gambar untuk thank god gif



Yang membuat gue sampe di suatu pemikiran: mungkin mbak selebgram ini beruntung karena ngga pernah ngerasain susahnya dapet ART, jadi ya perlakuan dia ke ART begitu. Atau mungkin dia ngga ada kerjaan di luar rumah, sehingga kalau toh ngga ada ART, rumah sama anaknya tetep bisa dia urus.

Sementara gue, gue paham banget nyari ART apalagi yang cucok meong sama kita itu susah. Jadi sekalinya dapet yang oke dan cucok, ya gue akan usaha buat pertahanin. Termasuk salah satunya dengan memaklumin kalo mereka ada kurang-kurangnya. Apalagi gue emak kantoran, yang mana punya ketergantungan tinggi sama keberadaan ART.

Anyway, who am I to judge someone that I never know? We surely be in different shoes. 😁

Walaupun begitu, ada yang bilang, orang itu baru ketauan baik atau ngganya dari caranya memperlakukan orang yang lebih 'inferior' dibanding dirinya. Katanya juga, orang yang lebih 'inferior' ini termasuk ART dan orang-orang yang bekerja sama kita. Tapi gue sendiri, ngga pernah menganggap ART itu lebih inferior dari gue. Oke, mereka kerja sama gue, dan gue yang ngegaji mereka. Tapi gue selalu menganggap kita itu simbiosis mutualisme kok, sama-sama saling ngebutuhin. Mereka butuh gue untuk dapet kerjaan dan uang, sementara gue butuh mereka untuk ngurus anak, rumah, dll. Kita sama-sama punya bargaining position yang kuat, yang ngebuat kita harusnya saling ngehargain.

Oke, masalah menghargai ART ini juga ada seninya. Kita harus cukup menghargai mereka supaya mereka ngerasa kalo mereka 'dianggep', tapi ngga boleh berlebihan karena takutnya mereka jadi culangung. Tapi entah kenapa yaa, ngga kaya mbak selebgram, gue ngga pernah pengen ditakutin sama ART gue. Mereka ngehargain gue aja udah cukup kok. Thank God, gue punya laki yang terlihat rada berwibawa dan sedikiiiiit dingin, yang bikin ART gue lumayan segan sama doi. Jadi kalo mau negur, atau nyampein keputusan atau aturan yang sekiranya saklek alias ngga boleh ditawar lagi, yang nyampein adalah laki gue. Kelar. Hahaha.

Hasil gambar untuk its done gif



Btw, culangung itu kan Bahasa Sunda. Bahasa Indonesia-nya apa ya? Ngelunjak, maybe?

Salah satu usaha gue untuk menghargai mereka adalah dengan 'memantaskan' mereka. Di rumah gue, walaupun kamar mereka kecil, tapi gue fasilitasin dengan kamar mandi dalem (karena mereka pada pake jilbab) dan TV (biar bebas nonton acara sesuai seleranya). Kalau mereka kita ajak pergi juga makan di tempat yang sama kaya kita. Kita makan di Shaburi, ya mereka makan di Shaburi. Kita makan di resto, ya mereka juga makan di resto itu dan boleh mesen sesuai yang mereka mau. Kita nginep di hotel dan ajak mereka, yaudah mereka juga nginep di hotel yang sama, di kamar sendiri, walaupun mungkin kelas kamarnya beda.

Gue ngga bilang cara gue itu paling bener, itu cuma salah satu usaha gue untuk 'memantaskan' ART gue aja. Tapi kadang ada nih, orang yang ngajak ART-nya jalan ke mall, terus sementara dia makan, ART-nya duduk di luar ngga dikasih makan. Nah, yang itu baru gue rada kurang setuju. Kecuali, ART-nya lagi puasa, udah makan, atau emang udah ditawarin makan tapi ngga mau.

Gue juga berusaha untuk deket sama mereka di luar kapasitas mereka sebagai ART. Misalnya, gue sering tanya gimana kabar keluarganya di kampung. Selain itu juga gue berusaha care sama suasana hatinya mereka. Misalnya mereka lagi keliatan suntuk, ya gue ajak aja piknik atau gue kasih waktu buat pergi atau me time tanpa megang urusan anak atau rumah. Ya, kita kerja di kantor juga bisa jenuh kan? Sama aja kaya mereka, anak sama rumah orang mulu yang diliat dan diurus saban hari. Emangnya kita aja yang butuh me time?

Gambar terkait



Buat gue, yang penting ART gue jujur dan gue sangat ngehargain usaha mereka untuk bisa jujur. Kaya misalnya, pernah ada ART yang ngga sengaca mecahin tutup slow cooker. Dia jujur kalo dia mecahin itu dan minta maaf, ya udah, buat gue ngga perlu diperpanjang. Ngga akan utuh lagi kan tutupnya. Pernah juga cus jujur kalo dia lalai jagain Echo dan akibatnya Echo jadi jatoh kejedut lantai. Reaksi gue adalah gue mastiin Echo baik-baik aja, gue minta olesin trombopop dan awasin kalo Echo nunjukin tanda-tanda kaya sakit, rewel terus, atau muntah. Selebihnya ya gue ngga masalahin.

(Baca: Cerita tentang Cus)

Dengan mereka berusaha untuk jujur, gue juga berusaha untuk percaya sama mereka. Gue ngga pernah, ngga perlu, dan semoga ngga pernah perlu untuk mencurigai mereka. Baik itu curiga mereka ambil barang atau apa. Seperti mbak selebgram yang minta ART yang mau dipulangin itu untuk buka tasnya sebelum pulang karena mau ngecek. Menurut gue, kalo ngga ada kecuirgaan sih ngga perlu ya. Takutnya malah menyinggung mereka. Gue sendiri ngga pernah buka-buka barang pribadi ART gue. Eh, pernah ding ngintip lemari mereka pas mereka mudik. Bukan karena curiga nyolong, tapi mau memastikan mereka ninggal barang apa ngga di lemari. Kalo bersih kan takutnya ngga balik lagi, buahahahaha.

Hasil gambar untuk cry laugh gif



Inti dari tulisan panjang ini adalah, bersikap baik ke ART itu ngga ada salahnya. Pada akhirnya, kita dan mereka saling ngebutuhin. Dengan keberadaan mereka, gue ngerasa amat sangat terbantu. Jadi gue ngga ngerasa keberatan untuk bersikap baik sama mereka.

Dari gue sendiri, ada beberapa tips untuk hidup damai berdampingan bersama ART:

Yang pertama, hargain mereka seperti kamu mau dihargain mereka. Dengan menghargai mereka, biasanya mereka jadi lebih tulus kerja di kita. Misalnya, job desc-nya emang nanny, tapi karena kita ngehargain mereka, mereka jadi ngga keberatan untuk bantu-bantu kita untuk urusan di luar ngurus anak.

Hargai hak mereka untuk istirahat dan punya waktu untuk liburan atau me time. Gue kan kerja kantoran, yang mana sampe rumah itu pasti udah Maghrib dan bawaannya udah cape banget. Tapi gue sebisa mungkin untuk beberes secepetnya dan bisa megang anak sesegera mungkin. Jangan sampe anak kita dipegang terus-terusan sama ART. Kasian ART-nya, dan kasian juga anak kita, ngga kebagian waktu sama orang tuanya.

(Baca: Seni Menjadi Ibu: Emosi sama Anak)

Hargai batasan waktu kerja mereka. Cus kan gue ambil dari yayasan, di situ ada ketentuan kalo mereka punya jam kerja maksimum berapa jam perharinya. Gue coba untuk comply sama aturan dari yayasan itu. Jadi misalnya kalo gue lembur atau dinas ke luar kota, yang mana otomatis cus akan megang anak gue lebih lama, gue akan ngasih kompensasi ke cus. Bisa dalam bentuk uang lembur, cuti ekstra di bulan itu, atau yang paling sederhana bawain dia oleh-oleh yang pantes.

Yang kedua, sampaikan peraturan yang kita mau mereka tepatin dari awal mereka kerja sama kita. Jangan berharap mereka punya standard yang sama kaya kita. Kaya standard basic manner. Manner di kita belum tentu manner di mereka, dan juga sebaliknya. Belum lagi kalau ART kita udah punya pengalaman kerja sebelumnya. Aturan di rumah sebelumnya siapa tau beda dan belum tentu cucok sama kita.

Sampaikan juga tugas mereka dengan spesifik. Misalnya, megang anak aja, megang rumah aja, atau megang anak dan rumah sekaligus. Ini juga salah satu cara menghindari kesalahpahaman di depannya sih.

Yang ketiga, sabar dan toleransi. Kalo mereka ada kesalahan, jangan langsung emosi. Ditegur boleh, tapi dengan halus, apalagi kalo itu kesalahan pertama mereka. Kalo ada kerjaan yang kurang memuaskan buat kita, tegur dengan halus, dan kasih tau gimana seharusnya. Kalo masih kurang memuaskan juga, tanya ke diri sendiri: kerjaan mereka overall masih bagus apa ngga, kita masih butuh mereka apa ngga? Kaya mama gue, yang sebenernya kurang puas sama hasil setrikaan si bibi di rumah. Udah coba dikasih tau tapi tetep masih (menurut mama gue) kurang rapih. Tapi yaudah lah, kerjaan bibi yang lain masih bagus, mama juga masih butuh bibi. Jadinya, kalo ada baju yang mau dia pake pergi, dia setrika ulang aja. Kelar!

Hasil gambar untuk its done gif



Btw, kok udah panjang aja postingan ini ya, hahaha. Kalau ada yang mau sharing tentang kasus si mbak selebgram, atau pengalaman sama ART-nya masing-masing, monggo lho ditunggu di kolom komentar.

See you! 💋💋💋








No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS