Pages

Seni Menjadi Ibu: Emosi sama Anak

Monday, July 2, 2018

Dear ibu-ibu, di sini ada ngga yang ngga pernah membentak anak?

Kalau ada, gue salut banget. Serius. Bukan nyinyir. Karena gue ngerasa sebagai ibu, sering banget kehilangan kesabaran sama anak gue. Terutama waktu dia tantrum dan tantrumnya yang ngga jelas sebabnya. Atau juga waktu dia minta sesuatu yang ngotot banget dan ngga mau nerima jawaban 'nanti' atau 'sebentar'.

Baru kemarin gue kehilangan kesabaran sama si bocah. Ceritanya, gue, Abi, Echo, dan Mbak Rina dateng ke kondangan temen kantor gue. Udah perut gue berat banget, selangkangan rasanya mau retak setiap jalan, eeeeh... Echo 'memutuskan' untuk jadi cranky banget hari itu. Dia maunya digendong sama gue di kondangan. Minta gendongnya sampe yang nangis kejer berlinangan air mata gitu. Sempet ngambek juga lagi di pelaminan, ngga mau kalo ngga digendong. Zzzz banget. Karena masih pagi, gue masih ada tenaga. Jadi gue masih bisa lah, gendong Echo bentar. Abis itu gue duduk aja di kondangan, istirahat sambil nyuapin Echo. Ngga keliling berburu makanan kaya biasanya. Abis disuapin, mood Echo membaik. Dia sempet lari-lari dan main dengan lincah dulu. Oooh, mungkin tadi dia cranky karena laper, pikir gue.


Gambar terkait


Pulang dari kondangan, Echo minta main dulu. Akhirnya kita meluncur ke GanCit yang sekiranya searah jalan pulang. Di perjalanan, Echo minta dipangku gue. Again, karena masih ada tenaga, gue pangku lah dia, walaupun udah rada sesek karena perut kegendutan. Ngga lama abis gue pangku, dia tidur dong. Oooh, mungkin dia minta dipangku karena ngantuk, pikir gue.


Hasil gambar untuk fucking sleepy gif


Sesampenya di GanCit, kita langsung menuju ke Amazing Town. Di situ Echo puas lah main-main sama bapaknya. Tapi emang gue perhatiin, dia ngga se-excited biasanya sih. Kaya pengen main tapi mood kurang baek. Ngga lama di Amazing Town, kita bergeser ke Toys Kingdom. Again, dia ngga excited kaya biasanya. Kan biasanya dia keliling tuh, nyomot-nyomotin mainan terus malakin gue. Sekarang ditawarin macem-macem, dia bilang ngga mau beli apa-apa.

Begitu nyampe mobil, gue langsung tepar maksimal. Rasanya, teler abis kondangan dan ngemol gabung jadi satu dan baru terasa di situ. Eeh, ndilalah Echo memutuskan buat cranky lagi saat itu. Dia lagi-lagi minta dipangku gue. Setelah 15 menit dia ngerengek, dan gue udah lumayan ambil napas, gue pangku lah dia. Abis dipangku sekitar 10 menit, dia minta pindah ke belakang lagi. Gue operlah dia ke Mbak Rina. Eeeh, baru 5 menit pindah dia minta gue pangku lagi. Kzl ngga sih. Why so labil, nak?


Hasil gambar untuk confusing gif


Gue berusaha buat ngasih tau sesabar mungkin kalo gue lagi capek banget dan perut gue lagi sakit. Fyi, gue udah mulai sering kontraksi palsu dari 2 mingguan yang lalu. Kombinasi capek jalan dan perut keras, bikin gue rada emosi juga. Rengekan bocah makin membuat gue pening dan akhirnya gue kelepasan bentak Echo, "Ales jangan nangis terus! Diem aja di belakang sama Mbak Rina! Kalau Ales nangis terus, mama turun aja dari mobil. Kalo nangis terus, lain kali di rumah aja, ngga usah ikut mama pergi!".

Dengan nada suara yang tinggi. Dengan jari telunjuk yang mengacung. Which, I'm not proud of it. 😞

Ofkors, bukannya anteng, Echo malah tambah kejer nangisnya. Gue pun memutuskan merem aja, biar sedikit ngurangin emosi dan ngga bikin perut tambah kenceng.

Lama-lama, tangisannya Echo berhenti. Pas gue tengok belakang, dia ternyata ketiduran karena kecapekan nangis. Ngga lama, kita sampe di rumah. Echo yang masih tidur dielap dan diganti bajunya sama cus, terus dibaringin di kamarnya sendiri. Gue tanya cus, Echo bangun jam berapa sih, kok kayanya cranky banget seharian. Ternyata, kata cus, Echo bangun jam setengah 5 pagi. 

Pantesaaaan, cranky banget seharian, wong tidurnya kurang. 😓


Hasil gambar untuk i need sleep gif


Setelah solat dan mandi, gue nengokin Echo di kamarnya. Ngeliat muka anak gue yang lagi tidur, gue tiba-tiba ngerasa sedih. Kenapa gue harus se-emosi itu, sih, sama dia? Dia cuma pengen sama mamanya. Dia cuma laper, karena pagi sarapannya dikit. Dia cuma ngantuk, karena emang bangun kepagian dan ngga tidur dengan proper seharian (cuma tidur 20 menit di mobil). Dia cuma pengen ke mamanya yang emang adalah comfort zone-nya.

Kenapa gue harus emosi?

Yang mau nempel ke gue, kan anak gue sendiri, bukan anak tetangga. Seharusnya gue bisa lebih ngerti perasaannya dia. Apalagi, Insya Allah, dalam 2 minggu ini, dia harus berbagi kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya sama adeknya. Dalam 2 minggu ini, statusnya bakal berubah dari anak tunggal ke anak sulung. Apa gue segitunya, ngga bisa ngasih dia perhatian ekstra di hari-hari ini?

Gue pun mbrebes mili. Rasa kesel dan emosi langsung berubah jadi kecewa ke diri gue sendiri. Tapi di situ gue jadi tau, ternyata ibu juga manusia biasa. Punya rasa capek, emosi, jenuh, marah, kesel, ngantuk, laper, dan berbagai rasa lainnya. Jadi ibu itu ngga bisa (dan ngga harus) selalu kuat, semangat, ceria, sabar, tenang, dan siap digelendotin anak kapan aja. Secinta-cintanya gue sama anak gue, ternyata gue juga butuh 'break' dari dia.

Anak gue adalah orang yang sangat gue sayang lebih dari siapapun di dunia ini. I'm willing to do literally anything for him. Tapi tetep, ada hari-hari di mana gue cintaaaaaaaaa banget sama anak gue dan ada hari-hari di mana gue kaya 'I love you, but please give me some space' ke dia.


Hasil gambar untuk i need space gif


Dan itu wajar menurut gue.

Ada saat-saat di mana gue udah ngerasa 'penuh' sama semua tetek bengek di keseharian gue. Ya masalah anak, ya suami, ya kerjaan, ya urusan rumah. Ada saat-saat di mana gue butuh me time atau waktu berduaan sama suami tanpa digerecokin urusan anak, rumah, apalagi kerjaan. Ada saat-saat di mana gue kaya pengen minggat aja. Itu wajar menurut gue.


Kalo udah ada di puncak emosi kaya gitu, gue biasanya langsung menyingkir. Kaya misalnya lagi keseeeel sama bocah yang ngga bisa dibilangin, gue lebih milih pergi aja ninggalin dia, ke kamar lain atau apa. Biarin aja dia nangis sampe puas, selama dia aman. Gue nya sih, asik aja main hape atau nonton TV. Kalo udah lebih kalem, baru gue masuk lagi ke kamar bocah. Itu adalah salah satu cara supaya gue ngga kelepasan ngomel dengan suara tinggi, or worse, jadi main fisik sama bocah.

Tapi kemarin kan di mobil, ngga bisa ke mana-mana akunyaaaa. Jadi deh, kelepasan yang seriously, nyeselnya banget-banget-banget. Untungnya, sampai saat ini gue masih bisa menahan diri untuk ngga main fisik -nyubit, njewer, mukul, dll- sama bocah.

Di situ, gue belajar seninya jadi ibu. Bener kata orang-orang, jadi orang tua itu ngga ada sekolahnya. Yang mana diperparah dengan anak kita itu lahir tanpa ngegembol buku manual how-to-deal-with-this-baby. Setiap anak itu unik, jadi ya penanganannya juga pasti beda antara anak satu sama anak lainnya. Setiap ibu juga unik, pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama seperti setiap ibu, pasti punya ambang emosi masing-masing.

Kalo udah emosi begini, kadang kita ngeluh terus dan jadinya lupa bersyukur.

Anak susah makan padahal udah dibuatin dan dibeliin macem-macem makanan. 

Wajar ngga sih, kita jadi kesel? Buka mulut doang terus ngunyah dan nelen, apa susahnya, sih? Tanpa kita sadari, anak-anak kan ngga selalu laper. Sama kaya orang dewasa, kadang pengennya ngemil aja ngga pengen makan berat. Syukurin aja, anaknya masih sehat. Toh kalo laper, anak bakal minta makan juga, kan?

Anak ngga mau tidur padahal kita udah cape banget karena kerjaan di kantor banyak plus jalanan macet banget.

Kenapa ngga tidur-tidur, sih? Pasti tidur siangnya kelamaan, nih! Langsung suudzon sama cus dan mbak, pasti biarin bocah tidur lama biar mereka bisa istirahat. Padahal mungkin anak kita emang nungguin kita seharian, pengen ketemu, pengen cerita, pengen main. Jadinya ngebela-belain ngga bobo biar bisa ngabisin waktu sama kita.

Anak maunya sama kita, padahal kita pengen banget poo dan mandi dengan tenang tanpa digerecokin. 

Yaoloooooh, plissss, masa sih ngga ada privacy buat gue sama sekali? Bahkan di kamar mandi? Padahal, mungkin anak pengen 'main air' sama kita di kamar mandi. Kangen seharian sama ibunya, dan ngeliat kesempatan buat 'main air sama mama' pas kita mau di kamar mandi.

Anak ngga mau ditinggal kerja, padahal udah siang bener, alamat kena macet di jalan. 

Bawaannya langsung panik, takut kesiangan, dan main tinggal aja si bocah yang lagi ngerengek minta jangan ditinggal. Alhasil anaknya jadi tambah nangis kejer. Padahal, coba deh, kalo kita bangun lebih pagi, ajak main anak dulu. Biar dia pas kita tinggal mood-nya udah baik karena sempet main sama emaknya. Bayangin aja, baru bangun atau baru ngeliat ibunya bentar, eeh udah ditinggal. Siapa yang ngga mewek?

Ngedidik anak, itu harus. Teges sama anak, itu juga harus. Tapi ada baiknya kita juga harus bisa ngertiin perasaan anak. Thus, kita mungkin bisa lebih mengontrol rasa emosi kita. Plus, kita harus punya batasan sejauh mana kita mau menegur anak kita. Seperti gue, yang membatasi diri untuk tidak main fisik sama bocah sekesel apapun gue. Takutnya dia trauma. Takutnya sampe gede dia inget kalo pernah dikasarin emaknya. Jadi syedih... 😭😭😭

Apalagi, alesan emosi gue sebenernya relatif cemen. Echo pengen dipegang gue, sementara gue lagi cape. Aah, seandainya gue inget, kalo nempelnya bocah ya sekarang-sekarang ini doang. Begitu gedean dikit, nempelnya sama temennya. Gedean lagi, nempel sama pacarnya. Harusnya gue nikmatin aja saat-saat digelendoting bocah kaya sekarang.

The bottom part is, motherhood is a life-time journey. Everyday is a new day, thus, a new chance to learn something new. There's no thing such a perfect mother. I don't want (and can't, obviously) be a perfect mother. But I'll always try to be a good-enough-mother for my kids.

Jadi mari, buibu yang pernah emosi sama anaknya, tarik napas dalem-dalem, dan bilang ke diri sendiri: gue akan menjadi ibu yang lebih baik lagi besok. Jangan lupa, ibu itu pekerjaan dengan kontrak seumur hidup. Kalo ngga dibawa seneng, ngana bisa stress. Jadi, jangan lupa bahagia!




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS