Pages

Fluna's Birth Story - Part Two

Tuesday, July 24, 2018

Alohaaaa!

Karena bagian pertamanya udah kepanjangan, dan supaya kesannya post gue banyak, jadi kita lanjut yaa di bagian kedua ini yaa..



Sabtu, 14 Juli 2018 (The Day)

Hari ini, hari ulang tahun gue yang ke 20 sekian. Hari ini juga hari di mana, Insya Allah, gue akan menjadi ibu beranak dua. Sengaja ngga sih, rencanain SC pas hari ultah? Dibilang sengaja, mungkin iya, secara namanya juga SC elektif, pasti waktunya dipilih, ya ngga? Tapi sebenernya sih gue milih tanggal ini karena kehamilan gue udah masuk 39 minggu dan minggu depannya (pas 40 minggu), dr. Aswin bakal cuti selama seminggu. Tanggal 14 Juli 2018 juga kebetulan jatuh di hari Sabtu, yang mana weekend, jadi Abi bisa nemenin gue full di RS tanpa kebanyakan ambil cuti.


Kalau dibandingin waktu lahiran Mas Echo, entah kenapa lahiran yang sekarang ini lebih mellow. Mungkin sekarang, gue udah punya tanggung jawab dan attached banget ke Mas Echo. Jadi kepikiran 'what if-what if' yang rada ngga enak. Yang namanya ibu ngga pernah lepas dari rasa khawatir ya kayanya? Tapi yasud, harus dijalani juga. After all, it just another day to pass, ya ngga?

Alarm gue bunyi jam 5 pagi. Gue mandi, solat subuh, terus sempet-sempetnya blow dry rambut. Mesti keliatan cetar dong yaa, kan mau ketemu anak gadis. Biar matching juga sama bulu mata cetar yang udah nempel di mata. Masa bulu mata meliuk, tapi rambut lepek tak berdaya?

Operasi gue dijadwalkan jam 7 pagi, tapi sampe jam 6 pagi gue belum juga dijemput. Waktu lahiran Mas Echo, yang mana juga dijadwalin jam 7 pagi, jam 6 paginya gue udah dijemput untuk digerek ke ruang persiapan operasi. Tapi yaudin lah ya, ngobrol-ngobrol sama mama dan adek gue yang udah dateng dari hotel. Plus, foto-foto dulu sama suami.


Sebelum berganti kostum


Jam 6.30, suster dateng mengetuk pintu. Yang pertama dilakukan adalah...mengecek apakah gue udah mencukur area bawah dengan benar, hahaha. Semalem juga gue ditawarin mau dicukurin sama suster apa ngga. Yang mana gue tolak dengan baek, gue cukur sendiri aja deh. Mungkin suster hanya ingin memastikan kalau rekan-rekan kerjanya di kamar operasi ngga akan gue suguhi dengan hutan Amazon pagi-pagi.

Setelah area bawah dinyatakan lulus inspeksi, suster membaluri badan gue, terutama area bawah, dada, perut, dan ketiak dengan semacem sabun antiseptik. Yang mana sebenernya udah gue pake waktu mandi semalem dan tadi pagi. Again, mungkin susternya hanya ingin memastikan kalau rekan-rekan kerjanya di kamar operasi ngga akan gue suguhi dengan 'aromaterapi' pagi-pagi.

Setelah area badan dinyatakan oke, gue pun disuruh mengganti baju dengan gaun operasi, yang mana....terbuka banget dong belakangnya. Cuma pake tali-temali gitu. Mana gue kan ngga pake bra dan celana dalem. Gue bener-bener merasa sebagai exhibitionist. Untung abis itu dililit lagi pake kain biar pantat gue ngga ke mana-mana. Setelah memastikan pasiennya layak tampil, gue pun diseret dengan kursi roda dengan diiringi suami, mama, dan adekku. Tapi sebelumnyaaa, foto-foto dulu dong!


Ceritanya cintaaa...



Ceritanya cintaaa... (2)



Gue yang sebesar gerobak



Mind my 'backless dress'!



Masih seger, neng?



Ngga lama, kita sampai ke lantai dua di mana ruang operasi berada. Di sini dadakyu sudah mulai berdentum kenceng. Bener ya, sesaat lagi gue bakal dibelek? Tapi melihat raut suami yang lebih tegang dari istrinya (yang mau dibelek), gue pun memaksa diri untuk tegar. Suami, mama, dan adek hanya boleh menemani sampai ruangan sebelum preparation room. Suami sih, nanti bakal nemenin gue di ruang operasi. Tapi dia mesti ganti baju dll dulu, dan baru boleh masuk pas gue udah dibius dan siap dibelek.


Me, melihat suami super tegang: "Jangan kabur ya sayang!"


Begitu udah siap, gue pun digeret masuk ke preparation room. Dadah-dadah dulu dong, ke suami, mama, dan adek. See you when I see you!

Di preparation room, ada seorang suster yang memasang infus ke pergelangan tangan gue. Dari dulu, gue ngga pernah suka disuntik atau dipasang infus. Begitu ditusuk sih, sakitnya ya biasa, tapi entah kenapa parno aja. Selalu deh gitu. Untung tak lama aku disambangi oleh Prof. Ruswan dan kemudian dr. Aswin. Aaah, hatiku hangat melihat dokter-dokter yang baek ituuuu...

Btw, di sini gue ngga dites alergi yang konon katanya sakit itu. Mungkin karena gue emang udah state ngga ada riwayat alergi, termasuk alergi obat. Plus, di SC pertama juga gue ngga ada riwayat alergi dengan obat-obat yang dikasih.

Ngga lama, gue digeret masuk ke kamar operasi nomer 4. Langsung disiap-siapin, dan ngga lama Prof. Ruswan masuk ruang operasi. Waktunya bius di spinal! Sakit ngga yaaa? Gue duduk bersila di meja operasi, memeluk bantal, dan dipeluk lagi sama seorang suster atau dokter atau entah siapalah di ruang operasi itu. Setelah dibersihkan, langsung jussss... masuklah bius spinalnya. Sakit? Err, yaah wajar lah, kaya rasa disuntik biasa. Setelah semua obatnya masuk, gue langsung disuruh berbaring telentang. Kemudian kaki gue mulai berasa kebas dan hangat, bius mulai bekerja. Gue masih merasa kalau dipegang, tapi ngga ngerasa sakitnya. Bahkan, waktu Prof. Ruswan mencubit keras kaki dan perut gue, gue ngga merasa sakit sedikitpun.


Gelang couple untuk ibu dan bayi



Oke. Show time!

Lampu operasi menyala. Di sini gue udah ngga tau siapa itu siapa. Semuanya pake masker. Ada seseorang yang mengoleskan betadine ke area pembedahan. Di situ gue baru menyadari kalau....lampu operasinya memantulkan aktivitas di area pembedahan! Pas gue ngomong gitu, Prof. Ruswan langsung sigap menutupi area pandang gue dengan tirai. Biar ngga takut, katanya. Padahal mah, aku ngga apa, Prof. Malah pengen liat sih, hihihi.

Setelah dr. Aswin datang dan siap membedah, barulah suami gue masuk. Karena udah gue wanti-wanti buat cari bahan obrolan yang banyak, dia jadi nyerocos ngga jelas. Gue sampe bingung nanggepinnya gimana. Apalagi, gue mulai ngerasa mual yang mana efek dari obat biusnya.


Jari boleh membentuk 'oke', tapi muka tetep tegang ya, sayang!



Gue ngga tau itu jam berapa, tapi setelah beberapa waktu, dr. Aswin bilang kalau anak gue bentar lagi mau keluar. Prof. Ruswan pun minta izin untuk membantu mendorong perut gue dari atas. Ada salah satu staff yang meminta hape ke suami gue untuk foto-foto. Ngga lama, anak gue pun keluar.....

EAAAAA...EAAAAAA...EAAAAAAA...!!!

Bayi gue menangis dengan super kenceng segera setelah dikeluarin dari perut gue. A good sign. Paru-parunya berfungsi dengan baik. Pak suami pun mengikuti dr. Yovita ke box bayi yang udah disiapin di ruang operasi. Tempat di mana bayi gue dibersihin dan diresusitasi. Prof. Ruswan mengelus pipi dengan lembut, "selamat ya, bu!".

Oh, here I am. Udah jadi ibu dua anak.


dr. Aswin menyerahkan Fluna ke suster bayi


Karena kondisi bayi gue bagus, kita bisa IMD di ruang operasi. Sebelum IMD, para staff mengomandoi gue untuk mencium bayi gue. Kepentingan dokumentasi, hihihi. Suami pun ikut berpose bersama gue dan bayi gue.


A proud Mama!



Foto bertiga perdana


IMD dilakukan di ruang operasi, sambil dr. Aswin dll masih dalam proses meronce perut gue. Ohya, sebelum IMD, suami gue juga mengadzani Fluna dengan posisi Fluna di atas dada gue. Dia sempet bingung dong, katanya cuma bisa ngadzanin kuping sebelah kanan soalnya Fluna baringnya miring di dada gue. Tapi aku tak peduli, nanti aja adzanin lagi. Sini mual bener nih, mas! Waktu udah ngga bisa menahan mual, gue langsung disuntikan sesuatu sama Prof. Ruswan dan sepertinya setelah itu gue....tertidur.

Begitu gue sadar lagi, gue masih ada di ruang operasi tapi semua prosedur udah selesai. Gue digeret ke ruang pemulihan dan ditinggal di situ selama sekitar satu jam. Gue ngga begitu inget di sana gimana, tapi yang jelas ada yang cek tensi gue secara rutin. Begitu semua oke, gue digeret kembali ke kamar rawat inap. Ohya, suami gue udah nunggu di luar ruang operasi. Dia ngomong banyak, tapi gue ngga inget apa aja yang dia omongin. Gue cuma nangkep kalo anak kita udah dibawa ke ruang bayi, kondisinya oke, dan sepertinya badannya lebih besar dari Mas Echo waktu lahir.


Baby girl  is in the box, yooowww...



My Fluna!



Cilukbaaaa!



Di kamar, mama dan adek gue udah menunggu. Gue yang masih mual dan pusing, kayanya cuma ngemeng-ngemeng ngga jelas. Di kepala gue cuma ada dua pikiran: anak gue baik-baik aja, thank God, dan gue butuh istirahat. Kemudian gue istirahatlah. Kepala kaya mau tidur, tapi kalo ditidurin masih kedengeran suara di sekitar. Mualnya juga masih ada, bahkan beberapa kali gue muntah. Tapi it's okay. Itu emang efek bius yang udah bisa diprediksi kok.

Gue kayanya baru lumayan sadar pas siangnya. Di mana Mas Echo dateng, dan gue langsung peluk-peluk dia di kasur. Kangen sangat sama cah lanangku! Kemudian ternyata Abi mesen bunga untuk merayakan ultah gue, dan kita sempet foto-foto bertiga dengan adek gue sebagai fotografer.


Bersama cah lanang



Ngga lama kemudian, bayi gue dianter ke kamar. Here she comes, my Nyunyu, my Fluna. Kulitnya meraaah banget dan rambutnya, surprisingly, tebal dan item banget. Padahal gue cuma makan kacang ijo sekali pas hamil. Itu juga pas akhir-akhir kehamilan. Sebaliknya, waktu hamil Mas Echo gue banyak makan kacang ijo, tapi Mas Echo lahir dengan rambut tipis mirip bulu-bulu belaka di kepalanya. So, mitos kalo kacang ijo itu bisa nebelin rambut bayi, kayanya ngga berlaku di gue. Iyelah, bawaan genetik aja itu sih. Mas Echo kayanya nurun gue, sementara Fluna membawa gen bapaknya.


My beauty Fluna



Lihatlah hidungku yang megar bak babi! Efek operasi?



Hari itu berlalu dengan cepat, dan gue sendiri kurang inget apa aja yang terjadi. Secara kayanya masih fly banget sama efek biusnya. Efek bius baru bener-bener lenyap sekitar sore, bersama dengan hilangnya rasa kebas di kaki gue. Mulai deh, efek cekit-cekit abis operasi dateng. Tapi jangan khawatir, suster siap siaga dengan obat anti-nyeri yang dimasukin dari anus, hihihi.

Malamnya, di saat tinggal kita bertiga (gue, Abi, dan Fluna) di kamar, gue dan Abi sama-sama takjub. Kok kita bisa ya, tiba-tiba beranak dua? Hahaha.

Bersyukur?
Itu pasti, jangan ditanya lagi. 

Begadang? 
Belum banget kok, masih wajar aja. Fluna udah mulai belajar nyusu, dan untungnya, dia lumayan jago nyusunya. Kolostrum keluar setitik-setitik, belum mengucur deras, but there always be tomorrow, ya ngga? Lagian lambung bayi baru lahir kan masih cimit banget, dan dia masih punya cadangan makanan, jadi ngga apa kalau belum menyusu di hari itu.

Ditinggal tidur suami lagi? 
Pastinyoooo, huahahaha. Abi tidur lelap bagaikan putri tidur yang abis ikut full marathon. Sebenernya, yang tepar abis lahiran ini sapa sihhh?

Anyway, it was a day full of blessed. Terima kasih sanget, Gusti Allah!



*to be continued*

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS