Pages

Persiapan Persalinan SC di RS Pondok Indah - Pondok Indah

Monday, July 9, 2018

Akhirnya.

Hari ini adalah hari terakhir gue ngantor sebelum memasuki masa cuti melahirkan. Baliknya ya tiga bulan lagi ya. Kalo masih berkenan ngantor abis lahiran, hihihi. Anyway, Sabtu kemarin seperti biasa, gue kontrol mingguan ke obgyn tercinta. Karena kehamilan gue sudah memasuki minggu ke-38, maka waktunya bagi kita untuk mematangkan rencana persalinan!

Seperti yang udah disepakati antara gue dan suami, persalinan kali ini gue juga akan menempuh cara operasi alias SC. Tadinya sih, gue masih penasaran sama VBAC. Tapi laki gue, begitu denger penjelasan dokter plus baca-baca kemungkinan risiko VBAC, dia langsung nyuruh gue SC aja. Titik. 

Yaudin, istri sholehah nurut aja.

Gue merencanakan SC untuk dilakukan di weekend depan. Eh, ini udah Senen ya? Berarti weekend ini, ding. Kenapa weekend, soalnya biar suami gue bisa nemenin lebih lama. Kan dia dapet izin dari kantor 3 hari, sementara Sabtu-Minggu kan emang udah libur. Jadi pas, dia bisa nemenin gue full selama 5 hari di RS.

Tadinya kita pertimbangin mau SC minggu depannya lagi aja, siapa tau beratnya nyunyu bisa ditambah lagi. Tapi ternyata minggu depan dokternya cuti nyaris seminggu dong, huhuhu. Plus, kehamilan gue udah masuk 40 minggu juga, takutnya udah keburu kontraksi atau pembukaan, jatohnya malah SC cito yang lebih mahal itu, huhuhu. Sekarang aja udah sering banget kontraksi. 😞

Setelah tanggalnya fix, kita langsung ngurus pernak-pernik lahiran lainnya, yaitu...


Surat Keterangan dari Dokter Obgyn

Kepentingannya adalah untuk ngurus cuti melahirkan di kantor. Jadi, untuk keperluan cuti melahirkan, kantor gue mensyaratkan surat keterangan dari dokter, surat keterangan dari suami, dan pengisian form cuti. Surat dari dr. Aswin, Sp.OG sih basic template banget modelnya. Isinya cuma menerangkan kalau sekarang hamil gue udah masuk 9 bulan, HPL-nya kapan, dan butuh cuti melahirkan sesuai ketentuan yang berlaku. Ngga dicantumin tanggal cuti yang direkomendasikan dokter. But it's okay, gue jadi bebas kan nentuin mulai cuti sesuka hati gue.

Ralat. Nentuin mulai cuti sesuka hati SUAMI gue. Karena dia yang nentuin sampe kapan gue boleh kerja, walaupun pengennya dimepetin banget ke hari H lahiran. Kan, biar waktu abis lahirannya banyak. Tapi suami gue ngga ngebolehin, secara ngeliat gue kayanya udah capek banget plus kan masih nyetir sendiri juga kalo ke kantor. Huft.

Yaudin, istri sholehah nurut aja. (2)


Surat Rekomendasi dari Dokter Obgyn

Nah, kalo surat yang ini dari obgyn ke pihak internal RSPI yang berkepentingan, termasuk dokter spesialis anestesi, dokter spesialis anak, dokter spesialis jantung, admin bagian rawat inap, dll. Surat ini ngga dikasih ke gue, tapi dr. Aswin tulis di komputernya dan kayanya udah langsung masuk ke sistem gitu. Jadi nanti suster poliklinik tinggal ngehubungin bagian-bagian terkait buat urus-urus ini.

Aku senang. RSPI begitu canggih! *norak*


Form Permintaan Dokter Spesialis Anestesi

Jadi, sama suster gue ditanya, ada pilihan dokter spesialis anestesi ngga. Kalo ngga ada, kayanya bakal dapet dokter anestesi yang emang jaga di hari operasi gue. Tapi berdasarkan riset gue di blog orang-orang plus rekomendasi dari temen-temen, gue request supaya bisa didampingin sama Prof. Ruswan. Katanya sih yaa, nyuntik epiduralnya bisa nyaris painless. Semogaaaaa, di hari itu Prof. Ruswan bisa dampingin, amin!

Sebelum hari H operasi, gue harus ketemu sama dokter spesialis anestesi untuk cek-cek. Karena baru besok jadwal ketemu gue sama dokter anestesi, jadi gue belum tau apa aja yang dicek. Tapi waktu lahiran Echo sih, yang dicek sama dokter spesialis anestesi itu cuma vital sign, kondisi jantung dan paru-paru, anamnesis riwayat penyakit, sama kondisi tulang belakang yang bakal dijadiin acuan dokter spesialis anestesi pendamping buat penyuntikan epidural nantinya.

Ohya, walaupun permintaan pendampingan anestesi gue adalah dengan Prof. Ruswan, tapi untuk konsul pre-operasi ini ngga harus sama Prof. Ruswan. Sama dokter anestesi siapa aja yang available. Gue sih dijadwalin untuk ketemuan besok dengan dr. Farha, Sp.An.


Form Permintaan Dokter Spesialis Anak

Sama dengan dokter spesialis anestesi, gue juga ditanya ada permintaan buat DSA ngga. Dari orang-orang, gue dapet rekomendasi dua nama. Yang pertama dr. Sander dan yang kedua dr. Yovita. Akhirnya, gue tulis aja dua-duanya hahaha. Tapi kayanya kemungkinan dapetnya dr. Yovita deh. Soalnya dr. Yovita itu emang dokter full time-nya RSPI alias tiap hari ada di RSPI. Jadi emang pas gue operasi ya emang waktunya dia praktek.

Untuk dokter spesialis anak, gue ngga ketemu sebelum operasi. Yaeyalah, emang dia mau meriksa apanya gueee. Ketemunya nanti pas di dalem ruang operasi. Karena perannya dokter spesialis anak itu ya periksa anak gue pas nanti lahir, sama observasi dan perawatan kalau memang dibutuhkan.


Konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung

Nah, yang ini nih, gue masih belom kebayang apa-apa. Secara waktu lahiran pertama gue ngga pernah konsul pre-operasi sama dokter spesialis jantung. Tapi untuk lahiran di RSPI, sepertinya memang kita direkomendasiin untuk konsul dengan dokter spesialis jantung juga. Walaupun pas lahiran kita ngga didampingin dokter spesialis jantung, sih.

Untuk waktu konsultasi, gue juga request di hari yang sama dengan konsul dokter anestesi. Biar ngga mondar-mandir ke RSPI-nya. Bisa selesei langsung di hari Selasa besok.


Pemeriksaan Laboratorium

Sebelum operasi, gue harus cek macem-macem di laboratorium. Kemarin sih gue diambil sample darah dan urine. Ambil darahnya lumejen banyak lagi, sampe tiga tabung gitu. Dari invoice yang gue terima, emang yang dicek lumayan banyak. Bayarnya juga lumejen mihil, sampe 1.6 jutaan kalo ngga salah. Untuk pemeriksaan laboratorium ini, gue lakuin pembayaran dulu di kasir poliklinik obgyn, baru setelah itu gue menuju laboratorium di lantai satu untuk ambil sample darah dan urine. Untuk hasilnya ditinggal aja, ngga usah ditungguin. Nanti akan otomatis masuk ke data medis kita di sistem RSPI, yang mana selanjutnya akan 'dibaca' sama dokter anestesi di hari kontrol gue ke dokter anestesi.

Kalau kita mau dapet hasil cek laboratoriumnya via email, sebenernya bisa. Tinggal bilang aja ke adminnya. Tapi gue lupa euy, mau bilang. Jadi bagus atau ngga-nya hasil laboratorium gue, ya baru bisa gue liat besok.


Form Permohonan Pendampingan Persalinan

Gue dan suami ditanya sama dr. Aswin, apa nanti suami gue mau ikutan masuk ke ruang operasi. Yaeyalah dok. Dia HARUS ngeliat estrinya lahiran, hahaha. Tapi di RSPI, ternyata peraturan untuk pendampingan persalinan ini lumayan ketat. Suami atau pendamping harus mengisi dan tanda tangan form permohonan pendampingan persalinan. Udah gitu, di dalem ruang operasi nanti suami ngga boleh ambil foto atau video. Kalau mau foto-foto atau rekam video, nanti bisa nitip hape/kamera/video camera ke perawat atau staff di ruang operasi nanti. Itupun, kabarnya ngga semua obgyn ngizinin ada pendamping di ruang operasi. Thank God, dr. Aswin termasuk yang ngebolehin suami masuk ke ruang operasi.

Waktu gue lahiran di RSIA Bunda Menteng sih, peraturannya lebih selon. Waktu itu malah adek gue bisa ikutan masuk juga. Jadi suami gue yang duduk di sebelah gue, sementara adek gue yang foto-foto sama rekam video.

Tapi laki gue malah kayanya diem-diem seneng sama kebijakannya RSPI. Soalnya dia jadi ngga harus mantengin perut gue untuk ngerekam dari awal sampe akhir proses operasi, kaya permintaan gue ke dia awalnya.

Btw, gue jadi inget, kan sering tuh ada yang SC dan pakai vendor dokumentasi. Kok bisa, ya, ambil foto sama video di dalem? Mungkin emang pas bayi udah keluar aja, ya. Ngga dari awal sampe akhir operasi.


Harus ngapain gue biar secantik ini...


Surat Jaminan Perusahaan

Ini yang paling penting. Jadi, karena biaya persalinan gue akan ditanggung sama kantor gue, hukumnya wajib 'ain buat urus surat jaminan perusahaan. Sebenernya, kantor gue cuma nanggung sampe nominal sekian sih. Excess-nya akan ditanggung gue pribadi, yang mana nantinya akan diminta reimburse ke kantor laki gue dari pihak asuransinya. Ribet yak? Hahaha, ngga apa. Yang penting ngga keluar duit ujungnya. 😝

Surat jaminan perusahaan ini gue serahkan ke petugas admisi rawat inap untuk discan. Nantinya, gue akan dapat surat bukti pemesanan kamar rawat inap yang telah ada keterangan jaminan perusahaan sebagai cara pembayaran. Nantinya, surat jaminan yang asli gue bawa lagi pas check in rumah sakit. In case ditanya.

Semogaaa, pembayarannya bisa lancar dan cashless seperti waktu lahiran pertama ya.



Setelah selesai urus-urus, isi ini-itu, dan tanda tangan banyak cem artis Tik-Tok, selesailah urusan gue di Sabtu kemarin. Ohya, dari suster gue juga dapet list persiapan operasi termasuk....larangan mengenakan make up waktu operasi. Whaaaattt? Kok artes-artes yang lahiran SC kemarin berasa cantik bener yah pas operasi. Apa emang mereka secantik itu tanpa make up? Huahahaha *sirik detected*. 

Yaah, karena ngga boleh bedakan, lipenan, dan pake mekap-mekap lainnya, gue pun berencana untuk.....tanem bulu mata palsu. Usaha banget, nih sist? Insecure banget kayanya...

Jawaban: iyah, emang. Abisnya pas lahiran pertama gue bengep bener mukanya, huhuhu. 😭😭😭


Hasil gambar untuk kate middleton birth

Kapan gue bisa seca'em gini abis lahiran...


Ohya, waktu persiapan melahirkan di RSIA Bunda, gue diminta untuk bawa dokumen-dokumen seperti KK, KTP, buku nikah, dll untuk pembuatan surat keterangan lahir. Nah, di RSPI udah gue tanya, tapi katanya ngga perlu bawa KK dll. Yang penting cuma KTP aja, yang mana udah tiap hari ada di dompet sih.

Oke deh, berarti to do list gue sebelum lahiran jadi begini:

- konsul dokter spesialis anestesi dan dokter spesiapis jantung di hari Selasa
- pasang bulu mata, waxing area bawah, manicure-pedicure, dan benerin alis di hari Rabu
- panggil Hydro Clean untuk vacuum rumah di hari Rabu
- panggil tukang service AC untuk benerin AC rumah di hari Kamis
- packing buat gue, Abi, Echo, dan Nyunyu


Semakin dekat! Aku berdebar, hihihi. Doakan semua lancar, yaaaa!




No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS